Subrosa Poems's Blog
Sub Rosa Poems

Thursday, May 10, 2007

Kapanlagi.com - Setelah berkeliling ke sejumlah kota guna meluncurkan buku puisinya Sub Rosa, penyair belia Aurelia Tiara Widjanarko, 24, mengenalkan karyanya khusus bagi publik Jakarta, Jumat (4/5) malam.

"Sub Rosa artinya di bawah bunga mawar, yaitu istilah untuk situasi di mana pembicaraan bersifat rahasia ketika digantungkan bunga mawar pada pintu ruang pertemuan," kata Tiara dalam peluncuran bukunya di Jakarta, Jumat (4/5) malam.

Buku setebal 174 halaman itu secara umum bertutur tentang cinta, yang dikelompokkan dalam enam bagian yakni penemuan rasa, penjajakan, rindu, klimaks, ingkarm dan ikhlas. Masing-masing bagian itu dipisahkan dengan foto-foto artistiknya dalam balutan gaun panjang tanpa lengan.

Uniknya, meski bertutur tentang cinta, namun Tiara tak menggunakan kata-kata yang indah dan puitis untuk menggambarkannya.

"Yang terpenting adalah kejujuran, dan bisa membuat orang yang membaca tergugah atau teringat pernah merasakan hal serupa," ujarnya.

Dalam buku puisinya, Tiara yang keponakan artis Inggrid Widjanarko ini menyisipkan pula kata-kata berbahasa asing seperti Bahasa Latin dan Bahasa Jawa yang dengan sengaja tak diberinya keterangan arti.

Penyair terkenal asal Yogyakarta, Joko Pinurbo, yang malam itu diundang untuk membahas puisi-puisi Sub Rosa mengungkapkan penyair yang lulus pendidikan Strata-1 dengan predikat summa cum laude ini memiliki orisionalitas karya.

"Yang paling istimewa, saya tidak bisa melacak jejak penyair-penyair sebelumnya dalam karya Tiara," katanya.

Pria yang akrab disapa Jopin (Joko Pinurbo) ini mengungkapkan sebagian besar penyair muda seringkali terinspirasi oleh penyair-penyair terkenal yang dikaguminya. Inspirasi itu akhirnya ikut larut larut dalam karya-karya penyair baru itu.

"Dia memiliki estetika tertentu yang menjadi acuan dan belum terkontaminasi estetika penyair senior," tambahnya.

Keliling Kota

Jakarta bukanlah yang pertama menjadi sasaran Tiara mempublikasikan karyanya. Sebelumnya, buku yang diterbitkan oleh PT Vieramedia ini telah dikenalkan pada publik yang tergabung dalam komunitas-komunitas baca puisi maupun prosa. Kota-kota yang sudah dikunjungi adalah Bandung, Surabaya, Semarang, Bali.

"Karena waktu itu belum selesai S-2 saya, belum kepikiran untuk undang teman-teman di Jakarta. Peluncuran saya lebih banyak ke komunitas-komunitas," kata lulusan S-1 FISIP Universtas Pelita Harapan ini.

Buku kumpulan puisi ini ditulisnya dalam kesibukan menyelesaikan kuliah S-2 di Prasetya Mulya Business School dengan konsentrasi Management Finance.

Dengan dibantu orang tuanya, sekitar 100 puisi dari 1.000 lebih jumlah tulisan Tiara di blog-nya, akhirnya diterbitkan dalam Sub Rosa. (*/boo)

1 Comments:

Blogger reza's explorers said...

good luck,,,

12:09 AM  

Post a Comment

<< Home